Jumat, 09 Agustus 2013

Tips dalam menghadapi Ujian serta pentingnya menjaga motivasi siswa dalam hal belajar

“Pentingnya motivasi belajar untuk siswa
  1. menyadarkan kedudukan pada awal belajar,proses, dan hasil akhir. Contohnya dua siswa yang sama-sama membaca buku, salah satu siswa telah faham dan yang satu belum, maka siswa yang belum faham itu akan terdorong untuk belajar.
  2. menginformasikan tentang usaha belajar.
  3. mengarahkan kegiatan belajar.
  4. membesarkan semangat belajar.
  5. menyadarkan tentang perjalanan belajar kemudian bekerja”. (Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono,2009:85)
Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah cita-cita siswa,kemampuan siswa, kondisi siswa,kondisi lingkungan siswa, unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, dan upaya guru.


Dalam proses belajar, siswa dituntut aktif didalamnya agar usaha mencari pengetahuan itu mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam kegiatan belajar banyak hal yang melatarbelakangi sukses tidaknya peserta didik dalam proses belajar. Latar belakang itu disebut  dengan motivasi. Tingkat tiinggi-rendahnya motivasi berpengaruh pada maksimal tidaknya proses belajar.
Tips Mengahadapi Ujian :
Belajar secara terjadwal. Buatlah jadwal belajar. Setiap hari sesudah makan malam, wajib belajar minimal 1 jam. Bahan pelajaran yang banyak, bisa kita cicil tiap hari hingga ulangan tiba. Hindari belajar dadakan, apalagi hingga larut malam. Sebab, cara belajar dadakan seperti itu akan menguras tenaga dan pikiran kita, sehingga keesokan harinya saat mengerjakan soal ulangan, badan kita jadi lesu, mengantuk, dan tidak konsentrasi. 
Siapkan alat tulis. Cek alat tulis kita. Siapkan semuanya selengkap mungkin agar jangan ada yang tertinggal. Dengan begitu, saat nanti sedang menjawab soal ulangan, kita tidak perlu pinjam alat tulis kepada teman sehingga tidak membuang waktu dan mengganggu konsentrasi.
Hidup ini tidak mudah, tapi tidak ada kesulitan yang tidak memiliki jalan keluar. Janganlah kita berfokus pada yang sulit, tapi pada yang harus kita lakukan dengan lebih baik dan segera.

Apa pun yang kau kerjakan, lakukanlah dengan sepenuh hatimu. Jadilah dirimu yang terbaik. Engkau tak mungkin akan sepenuhnya berbahagia dengan menjadi kurang dari yang mungkin bagimu. Ikutilah impian-impianmu; setialah kepada kebaikan yang ada di dalam hatimu. Jadilah seseorang yang bernilai bagi kebahagiaan sesama. Jadilah dirimu yang terbaik


Nah Cob moga aja bermanfaat ya bagi kalian yang membacanya..
dan jangan lupa di coba good luck ya.. :) =D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar